Rapat TIM Teknis Pembahasan KA Rencana Pembangunan Ruas Jalan Lingkar Supiori 47 Km Kab. Supiori
27 Oktober 2017 16:05:40Rapat Tim Teknis dalam Rangka KA Rencana Pembangunan Ruas Jalan Lingkar Supiori 47 Km Kabupaten Supiori Provinsi Papua.
# Dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur jalan di Provinsi Papua. Pemerintah melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Jayapura, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bermaksud mengembangkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan serta mendukung semua aspek kehidupan masyarakat dalam bidang transportasi, pariwisata dan keamanan melalui pelaksanaan kegiatan pembangunan dan/atau peningkatan jalan di Provinsi Papua yang akan dibiayai melalui dana APBN TA. 2017.
Ruas Jalan Lingkar Supiori Sepanjang ± 47 Km akan melintas di Distrik Supiori Utara, Distrik Kepulauan Aruri, dan Distrik Supiori Barat.
Tujuan :
1. Membangun dan meningkatkan jaringan jalan yang ada di Provinsi Papua;
2. Mengembangkan kegiatan sosial ekonomi wilayah Provinsi Papua;
3. Mendukung semua aspek kehidupan masyarakat dalam bidang transportasi, pariwisata dan keamanan.
Manfaat :
1. Memberikan pelayanan akses perhubungan darat bagi masyarakat berupa penambahan sarana dan prasarana jalan;
2. Membuka lapangan kerja dengan prioritas dapat menyerap tenaga kerja lokal disertai upaya peningkatan keterampilannya;
3. Membuka kesempatan berusaha bagi masyarakat sekitar lokasi tapak proyek;
4. Dapat membuka daerah-daerah terisolasi dengan cara membangun Ruas Jalan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna menanggulangi masalah kemiskinan, kesehatan, pendidikan, dan ketertinggalan masyarakat.
Kondisi eksisting Ruas Lingkar Supiori sebagian besar landai dan melalui kaki bukit sehingga dijumpai juga tanjakan dan turunan, beberapa diantaranya cukup panjang. Sehubungan ini Pembangunan Jalan Baru pada Ruas Lingkar Supiori, maka keadaan perkerasan jalan lamanya adalah berupa jalan tanah sepanjang 20 Km ini dan sebagian lainnya belum terbuka dan belum dapat dilalui kendaraan.
Kondisi bahu jalan belum ada karena pada ruas jalan lingkar Supiori ini dalam keadaan sebagian berupa hutan untuk pembangunan jalan baru akan tetapi sebagian yang memasuki perkampungan jalan setapak saja yang sudah terbuka
Rencana desain yang dilakukan pada Perencanaan Teknis Jalan Lingkar Supiori di Provinsi Papua pada Ruas Lingkar Supiori sepanjang 47 Km dari ini merupakan kegiatan perencanaan pembangunan jalan. Dalam kegiatan ini lebar perkerasan jalan direncanakan selebar 5,5 meter yang terdiri dari 2 lajur 2 arah tanpa median (2/2TT) dengan bahu jalan 2x2,75 meter
No |
Elemen |
Standar |
Satuan |
1 |
Sistem Jaringan Jalan |
Sekunder |
- |
2 |
Status Jalan |
Lokal |
- |
3 |
Spesifikasi Penyediaan Prasarana Jalan |
Jalan Sedang |
- |
4 |
Fungsi Jalan |
Kolektor Kelas III |
- |
5 |
Tipe Jalan |
2 /2TT |
lajur/ arah tidak terbagi |
6 |
Kondisi Medan |
Berbukit |
- |
7 |
Muatan Sumbu Terberat (MST) |
8 |
ton |
8 |
Jenis Perkerasan Rencana |
HRS |
ton |
9 |
LHR |
658 |
kend/ hari |
10 |
Pertumbuhan Lalu Lintas Kendaraan |
5 |
% |
11 |
Kecepatan Rencana Rata- rata |
40 - 80 |
Km/ jam |
12 |
Kelandaian Maksimum Arah Memanjang |
12 |
% |
13 |
Lebar Perkerasan Jalan |
5,5 |
m |
14 |
Lebar Bahu Jalan |
Bahu Luar 2x2,75 |
m |
15 |
Lebar Median |
- |
m |
16 |
Lebar Badan Jalan (Jarak Antar Tepi Luar Bahu Jalan) |
11 |
m |
17 |
Ruang Milik Jalan (Rumija) |
15 |
m |
18 |
Kemiringan Melintang Normal Perkerasan |
2,5 |
% |
19 |
Kemiringan Melintang Normal Bahu Jalan |
5 |
% |
20 |
Kemiringan Superelevasi Maksimum (emaks) |
10 |
% |
Editing : by.ronald82